|  | 

Aktivitas

Menyerahkan PPL di SMAN 13 Semarang

img-responsive

Pada hari senin tanggal 22 agustus jam 13.00 selesai, mendapat tugas menyerahkan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Ingrris (PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang di SMAN 13 Kota Semarang.

Peserta PPL di terima Wakil kepala sekolah urusan kurikulum Ibu Isti’anah, S.Pd dan beberapa guru serta para guru pamong. Tempat penerimaan di ruang laboratorium komputer SMAN 13 Semarang. Dalam kesempatan ini, saya sebagai wakil dari FITK UIN Walisongo saat memberikan sambutan menyampaikan beberapa hal;

Pertama, menyampaikans alam ta’dhim dari dekan FITK kepada kepala sekolah SMAN 13 Semarang karena tidak bisda hadir secara pribadi. Kedua, saya menyerahkan 10 mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa Jurusan PAI dan 5 orang dari jurusan PBI. Kertiga, saya menyampaikan pesan bahwa PPL merupakan proses melengkapi atau menyempurnakan pengetahuan mahasiswa yang nota benenya calon Pendidik Agama Islam dan Calon pendidik Bahasa Inggris di sekolah atau madrasah. Kreteria orang yang berilmu tidak cukup hanya hafal dan paham (intelektual) saja melainkan harus tau cara mengamalkan atau memiliki perilaku yang baik, sesuai firman Allah “ Sangat di benci Allah jika mau mengatakan sesuatu tetapi tidak kamu kerjakan (QS. Ash Shaaf : 3). Ini artinya setiap orang yang ideal atau yang berilmu harus memiliki dua aspek, pertama aspek pengetahuan hafalan, pemahaman serta diikuti dengan kemampuan menerapkan apa yang dihafal dan dipahami. Sebagai calon guru, tidak cukup hanya hafal dan paham tentang metode, pendekatan pembelajaran melainkan harus bisa menerapkan metode dan pendekatan dalam pembelajaran. Nah, agar mahasiswa mampu menerapkan ilmunya itu, maka dilakukan PPL kali ini.

Selama dua bulan, mahasiswa PPL akan diberi tugas melaksanakan pembelajaran dan juga tugas tugas lain yang diharapkan akan menumbuhkan kompetensi profesional bagi guru. Oleh sebab itu semua peserta PPL harus mengikuti dan taat semua aturan yang berlaku di SMAN 13 Semarang ini. Pokoknya kalian harus berperan sebagai seorang guru baik dalam bertutur kata, bersikap dan berpakaian serta dalam menhadapai siswa siswi di sekolah ini.

Selama PPL ini, kesempatan bagi kalian (Peserta PPL) untuk menunjukan kalau dirimu itu memiliki kemampuan dna ketrampilan yang baik. Jika semua orang sudah mengakui kalian orang baik maka akan muncul kepercayaan sehingga dirimua akan dianggap orang baik. Jika semua orang disekitar kita sudah mengakui orang baik, maka masa depan kita akan lebih baik.

ABOUT THE AUTHOR

Pengunjung Website

Flag Counter