|  | 

Komentar

5 (lima) Macam EGO Manusia

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Menurut Kamus Psikologi Karya Arthur S Reber & Emily S Reber (2010) hal : 305-307. dijelaskan bahwa sikap dan perilaku manusia dipengaruhi oleh ego yang tertanam dari diri manusia yang terdiri dari 5 (lima) ego antara lain:
Pertama, EGOISME yaitu manusia yang selalu lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan kepentingan orang lain. Tipologi orang ini sulit mempunyai rasa empati atau peduli kepada nasib orang lain.
Kedua, EGO INTEGRATIVE yaitu karakter manusia yang memiliki kecenderungan mengkoordinasikan atau mengharmonikan semua potensi yang ada di dalam dirinya. Tipologi orang ini, selalu berusaha menyatukan dan melakukan hal yang terbaik untuk dirinya ataupun orang lain. Rasa empati atau peduli sangat mudah muncul bagi orang yang memiliki EGO INTEGRATIVE.
Ketiga, EGO INVOLMENT,yaitu suatu karakter manusia yang lebih mengutamakan penyelesaian tugas tugas yang diberikan kepada dirinya secara optimal. Manusia yang berkarakter Ego Involment selalu serius ketika di beri tugas dan tanggung jawab.
Keempat, EGOPATHY, yaitu karakter seseorang yang melakukan pencapaian tujuan sering kali dilakukan dengan kekerasan yang merugikan orang lain. Egopathi berkaitan dengan karakter orang yang suka merusak atau menggangu orang lain. Orang orang yang sering melakukan aktivitas teror contoh nyata mereka mempunyai tipologi Egopathy. gerakan kelompok yang tergabung dalam saracen juga merupakan bukti nyata bahwa mereka secara psikologis memiliki egopathy. Tipologi orang ini, senang sekali jika ada orang lain sengsara atau menderita yang disebabkan oleh sikap dan tindakan dirinya.
Kelima, EGO TRIP (ego perjalanan atau ego pengembaraan) yaitu karakteristik seseorang yang memiliki semangat tinggi untuk melakukan perjalanan jauh atau mengembara. nenek moyang kita dan para tokoh tokoh zaman dahulu kala memiliki keinginan kuat untuk melakukan penjelajahan dalam menyebarkan islam dan mengembangkan ilmu pengetahuan (dakwah islamiyah). Para pejuang pembawa Islam masuk ke Indonesia dan para walisongo dalam berdakwah contoh nyata bahwa mereka memiliki Ego trip yang sangat kuat dan tinggi.

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

3 Comments

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter