|  | 

Materi S1

Silabus mata Kuliah Pengembangan Kurikulum PAI

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Pendahuluan
Mata kuliah Pengembangan Kurikulum adalah mata kuliah yang memiliki tujuan membekali pengetahuan dan ketrampilan akademik dan profesionalisme bagi mahasiswa khususnya dalam hal pengembangan materi atau kurikulum. Ketrampilan akdemik mata kuliah Pengembangan Kurikulumn mengandung makna bahwa Mahasiswa jurusan tarbiyah harus menguasai berbagai teori tentang teori teori yang berkaitand enagn kurikulum sehingga mengetahui dana memahami perbedaan kurikulum dnegan kurikulum pendidikan Islam.
Ketrampilan profesional dalam mata kuliah Pengembangan Kurikulum mengandung makna bahwa mahasiswa jurusan tarbiyah setelah lulus harus memiliki ketrampilan tehnis untuk menjealskan, mengembangakn dan mendesain kurikulum lembaga pendidikan formal dan non formal. Contohnya mampu mendesain dan mengembangkan kurikulum pendidikan islam mulai jenjang paling rendah TK/RA sampai pendidikan menengah (MA/SMA/SMK). Mengapa demikian? Setiap lulusan jurusan tarbiyah dari STAIN Kudus, minimal memiliki dua kehalian yaitu : keahlian pokok dan keahlian pengayaan. keahlian pokok adalah semua lulusan jurusan tarbiyah khususnya prodi PAI harus mampu menjadi guru yang profesional dalam artian mampu menjadi guru PAI yang ideal. Sedangkan keahlian pengayaan, lulusan jurusan tarbiyah prodi PAI harus memiliki kemampuan sebagai konseptor dans ekaligus desainer pengembangan kurikulum di slembaga pendidikan formal dan non formal.
Silabus/Materi pokok
1. Pengertian, latar belakang, ruang lingkup dan pentingnya kurikulum bagi guru
2. Kurikulum PAI dan Kurikulum non PAI dilihat dari aspek: tujuan, proses, pengelolaan dan evaluasi
3. Kurikulum PAI dan Kurikulum Non PAI dilihat dari aspek: ontology, espitimologi dan aksiologi
4. Realitas kurikulum di sekolah Formal dan non formal
5. Faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum: psikologis, sosiologis, politis dan kultural
6. Macam-macam model pengembangan kurikulum
7. Aplikasi model pengembangan kurikulum dalam proses pembelajaran
8. Faktor yang menyebabkan munculnya dinamika kurikulum di sekolah formal Sejarah dan ragam kurikulum yang berlaku di Indonesia sejak awal Kemerdekaan sampai sekarang
9. Model pengembangan kurikulum yang sesuai dengan issue dan dinamika perkembangan kurikulum
10. Issu-issu kurikulum seperti kurikulum 2013
11. Macam dan model evaluasi kurikulum
12. Pengembangan silabus dan SAP/RPP
Buku referensi
Semua buku harus dibaca mahasiswa, sebaagi bahan pengayaan ilmu pengetahuan, jika harus diprioritaskan, buku di bawah ini yang diprioritaskan untuk dibaca.
1. S. Nasution, Pengembangan Kurikulum
2. Moh Ali, Pengembangan kurikulum di Sekolah
3. Subandiyah. Pengembangan kurikulum disekolah
4. C Asri Budiningsih, Sejarah Kurikulum sekolah di Indoensia
5. Omar hamalik, Pembinaan dan pengembangan kurikulum
6. Ralph Tyler, Basic Principles of Curriculum and Instruction
7. Wheeler. Curriculum process
Kunci Sukses mahasiswa
Kesuskesan mahasiswa dalam perkuliahan atau studi di STAIN Kudus ditentukan oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi, dapat disederhanakan menjadi dua faktor, yaitu faktor Dosen dan faktor mahasiswa.
Berdasarkan perspektif metodologis, keberhasilan mahasiwa dalam perkuliahan ditentukan sejauhmana mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan diri secara optimal dan sejauhmana tanggung jawab dosen sebagai inspirasi bagi mahasiswa. Semain tinggi jenjang pendidikan maka tanggung jawab siswa semakin besar dan tanggung jawab Guru semakin kecil. Khusus perkuliahan di perguruan tinggi, tanggung jawab mahassiswa untuk mengembangkan diri sebagai sarjana yang ideal sebesar 80 % sednagkan tanggung jawab Dosen maksimal 20 %. Artinya jika mahasiswa dalam perkuliahan hanya menunggu atau mendapat informasi hanya dari dosen saja, maka kualitas kesarjanaanya hanya mencapai 20 %. Oleh sebab itu seluruh mahasiswa harus memiliki kemandirian untuk mengembangkan dirinya dengan cara rajin membaca buku, serius dalam menyusun tugas, aktif di berbagai organisasi untuk pengembangan wawasan keilmuan.
Mata kuliah Pengembangan Kurikulumn ini, akan ada beberapa tugas yang harus diselesaikan agar kualitas kesarjanannya benar benar optimal. dan saya berpesan seluruh mahasiswa yang kuliah dengan saya, harus rajin membaca buku, dan juga aktif diberbagai organisasi, agar mampu menjadi lulusan yang berguna bagi keluarga, agama dan bangsa.

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter