|  | 

Aktivitas

Menyambut Ramadhan 1441 H Bersama Cak IMIN

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Yayasan Tasamuh Indonesia mengabdi (Y-TIME) Kabupaten Kudus Jawa tengah melaksanakan Kajian Online Islam Damai dan Toleran bersama Muhaimin Iskandar (Cak IMIN) pada tanggal 22 April 2020 jam 19.30-21.00 wib secara online dnegan aplikasi Zoom Meeting. Tema yang diangkat dalam diskusi tersebut adalah ” Ramadhan, Humanisme dan Kebangsaan”. target dari diskusi ini adalah ingin menemukan titik temu antara nilai nilai ibadah puasa ramadhan yang mampu melahirkan kualitas kemnausisan sehingga manpu memperkuat nasionalisme bangsa Indonesia.

Diskusi yang dimoderatori Dr. M. Saekan Muchith, S.Ag, M.Pd ini menghasilkan point point penting sebagai berikut;

Pertama, Puasa ramadhan merupakan ibadah yang memiliki makna kemnausiaan (humanisme) sangat tinggi, karena puasa ramadhan selalu mengajarkan ketaatan dana kepatuhan kepada aturan secara tulus dan ihlas.

Kedua, Nilai nilai iabdah ramadhan harus mampu melahirkan sosok kesalehan individu dan sosial yang optimal sehingga berpengaruh efektif dan kehidupan masyarakat.

Ketiga, hanya dengan Kualitas (kepribadian) manusia yang dapat membangun dan memeprtahankan serta mengembangkan keutuhan bangsa Indoensia.

keempat, di dalam wabah covid 19 ini, setiap manusia dituntut memiliki reorientasi sikap dnaa perilaku agar dapat terhindar dari wabah covid, dan masih tetap mampu melaksanakan ibadah bulan suci ramadhan secara khusus dan ihlas.

kelima, kunci kebangsaan ditentukan oleh dua hal yaitu kualitas rakyat yang ditandai dengan ketaaatan dna kepatuhan terhadap regulasi dan kualiats pemimpin  yang ditandai dengan integritas dan tanggung jawab yang besar dalam menjalankan amanah dari rakyat.

 

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter