|  | 

Materi S1

Kontrak Perkuliahan

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Perkuliahan dapat dikatakan proses membimbing dan meengarahkan cara belajar mahasiswa yang memasuki usia dewasa. Oleh sebab itu perkuliahan menggunakan pendekatan andragogie yaitu pembelajaran orang dewasa yang dtandai dengan tiga hal yaitu, Mandiri, tanggung jawab dan stabil. Mahasiswa harus mampu memiliki atau meraih ketiga cirri khusus orang dewasa.

Mandiri adalah setiap mahasiswa harus mamu melakukan kajian atau menemukan teori kebenaran secara mandiri tanapa harus menggantungkan bantuan orang lain. Mampu mengemukakan pendapat atau ide gagasan sendiri tanpa harus terpengaruh apa lagi meniru pendapat orang lain (Plagiasi).

Tanggung jawab adalah setiap mahasiswa harus mampu memberikan argumentasi atau alasan secara ilmiah atau akademik dari apa yang dikatakan dan dilakukan. Artinya mahasiswa setiap melakukan aktivitas dan ucapan harus didasarkan argumentasi yang rasional dan obyektif.

Stabil adalah, setiap mahasiswa harus memiliki kematangan psikologi yaitu memiliki ketenangan dalam melakukan tindakan atau memutuskan suatu keputusan.

Agar tercapai tiga hal di atas maka perlu disusun atau disepakati kontrak peerkuliahan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa harus memahami dan mendalami lagi silabus atau RPS yang telah disusun oleh dosen agar mahasiswa lebih teat dalam melakukan pengembangan materi perkuliahan.
  2. Mahasiswa harus sanggup dan rajin melakukan pengembangan keilmuan secara mandiri tanpa harus di”paksa” oleh dosen.
  3. Mahasiswa harus membuat blog secara kelompok. Setiap kelas harus dibentuk kelompok kecil dengan anggota antara 3-5 orang mahasiswa. Kemudian masing masing kelompok harus membuat blog yang nantinya untuk mempublikasikan semua karya ilmiah yang telah disetujui (acc) dosen pengampu.
  4. Semua tugas ilmiah (karya ilmiah) yang diebrikan dosen, wajib di publikasikan di Blog yang telah dibuat.
  5. Penilaian dosen terhadap karya ilmiah setelah karya ilmiah di publiaksikan di blog yang telah dibuat.
  6. Penyusunan atau penulisan karya ilmiah ddilakukan dengan sistematika sebagai berikut: Pendahuluan /latar belakang, Kerangka teori /Deskripsi buku/Jurnal (jika resensi buku/jurnal), Pembahasan/analisa dan Penutup
  7. Karya ilmiah menggunakan kutipan langsung (middle note), dengan formal nama penulis, tahun dna halaman ( contoh : Setiap pembelajaran setidaknya memiliki tiga macam problem yaitu problem Kultural, metodologis dan sosial (M. Saekan Muchith ,209:15)
  8. Daftar pustaka ditulis diakhir makalah dengan format : nama penulis, tahun terbit, Judul buku, Penerbit, kota penerbit. contoh

M. Saekan Muchith (2019), Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Meneropong Pola Pembelajaran Pada jenjang MI, MTS, MA,  Yayasan Tasamuh Indonesia Mengabdi, Kudus Jawa Tengah.

 

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter