|  | 

Komentar

Selamat Hari Guru

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Selamat hari Guru, 25 November 2019..!!!! Guru adalah profesi yang memiliki peran sangat besar dalam membangun karakter atau kepribadian bangsa Indonesia. Guru harus dipandang sebagai profesi yang mulia dengan penghargaan secara proporsional. Guru sudah saatnya diberi penghargaan dengan materi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, walaupun orientasi guru tidak semata mata mencari materi. Guru sudah tidak saatnya dininabubukan dengan sebutan atau semboyan yang menakjubkan tetapi sebenarnya itu hanya pepesan kosong belaka. Guru tidak cukup dengan sebutan “digugu dan ditiru”, tetapi justru  perilakunya sering menipu anak cucu. Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, bagi  guru yang bekerja penuh dengan asa. Guru pahalwan penuh dosa bagi yang bekerja dengan mudah putus asa.

 Guru seringkali  dimarginalkan dan  bekerja dibawah tekanan, karena Guru belum  mendapat perlindungan secara maksimal sesuai amanah Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 39 ayat 2-5 yang meliputi Perlindungan Hukum, Perlindungan Profesi dan Perlindungan Kesehatan Kerja.

Perlindungan hukum adalah perlindungan dari tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi atau perlakuan tidak adil dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi atau pihak lain.

Perlindungan profesi adalah perlindungan dari pemutusan hubungan kerja yang tidak sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku, pemberian imbalan yang tidak wajar, pembatasan dalam penyampaian pandangan, pelecehan terhadap profesi, dan pembatasan/pelarangan lain yang dapat menghambat guru dalam melaksanakan tugas.

Perlindungan Kesehatan Kerja adalah perlindungan terhadap resiko gangguan keamanan kerja, kecelakaan kerja, kebakaran pada waktu kerja, bencana alam, kesehatan lingkungan kerja dan/atau resiko lain.

Semoga dihari guru tahun ini, profesi guru bisa memperoleh perlindungan sesuai amanah Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Selamat berjuang dalam memberlakukan Undang Undang Perlindungan Guru.

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter