|  |  | 

Breaking News Galeri Foto

Sowan Mbah Maemun Zubair: Ingat PBNU

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Orang NU Harus Paham Pancasila

Pada bulan maret 2017, saya sowan ke pada Romo Kiai maemun Zubair, seorang ulama kharismatik yang saya kagumi, saya idolakan  dan sekaligus saya taati/patuhi. Saya mendapat penjelasan banyak tentang bagaimana cara beragama, bernegara atau berbanagsa sampai bagaimana cara mengembangkan STAIN Kudus agar lebih bermanfaat untuk seluruh bangsa Indonesia.

Yang paling saya ingta dan terkesan, ketika Mbah Maemun bercerita panjang lebar dalam menjaga keutuhan NKRI. Mbah Maemun benar benar kuat nasionalismenya. beliau bercerita dari kata kata : Pusatnya NU itu PBNU tidak di PWNU atau di PCNU. Maka setiap orang NU pasti mengenal PBNU. PBNU itu singakatn dari P berarti pancasila. B berarti Bhineka Tunggal Ika, N berarti NKRI dan U berarti Undang Undang Dasar 1945. (kalimat seperti itu juga pernah di sampaikan Mbah maemun saat mengisi tausizah di hadapan ribua santri di semaraang). Dan juag sudah menjadi viral dimedia sosial.

Pesan dalam mengembangan STAIN Kudus. Mbah Maemun berpesan. STAIN Kudus itu didirikan di wilayah santri, maka harus bisa membuktikan kalau STAIN itu melahirkan lulusan yang santri. Lilusan TAIN Kudus harus beretika dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun.

Cerita ini lebih banyak di sampaikan saat makan siang diruang makan rumah Mbah maemun.  Menu makan siang sangat lengkap, ada sate kambing, sate ayam, ikan laut, ikan bakar, pecel lele. Sungguh saya merasa tersanjung siwan kepada Ulama yang memiliki kahrsima luar biasa dan benar benar bisa dijadikan manutan untuk seluruh bangsa Indoensia. Semoga Mbah maemun di usia panjang yang penuh barokah. amien…

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter