|  | 

Breaking News

Buku Karakter Pembelajaran PAI

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Assalamu’alaikum  wr  wb

Para sahabat, kolega dan pembaca yang budiman, alhamdulillah atas do’a sahabat semua, di awal tahun 2019 ini, insya Allah saya akan menerbitkan satu karya ilmiah berupa buku berjudul KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : Meneropong Pola pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Buku ini akan mengulas tentang berbagai persoalan yang harus dipahami para Guru PAI dalam menjalankan tugas profesinya.

Persoalan pendidikan agama Islam memiliki keunikan atau cirikhas yang berbeda dengan pelajaran lainnya (non PAI), yang berimplikasi kepada kemampuan dan ketrampilan Guru PAI dalam melaksanakan tugasnya agar proses pendidikan dan pembelajaran berjalan secara baik dan benar.

Saya berharap semoga buku ini bisa menjadi khazanah ilmu pengetahuan dan juga khazanah dalam bidang metodologi pembelajaran PAI agar Pendidikan Islam benar benar mampu menjawab berbagai problematika dalam pendidikan dan pembelajaran.

Buku ini akan menjelaskan panjang lebar tentang berbagai problem yang pasti terjadi dalam pendidikan dan pembelajaran Islam, serta akan mengkaji dan menganalisis kompleksitas pembelajaran PAI yang memerlukan para Guru PAI harus memiliki wawasan lintas sektor. Artinya Guru PAI tidak cukup memiliki pengetahuan tentang ilmu keagamaan Islam saja, tetapi juga harus memiliki wawasan ilmu lain yang selalu terkait dengan ilmu PAI seperti psikologis, sosiologi, antropologi, manajemen dan ilmu humaniora lainnya.

Hal penting yang harus menjadi perhatian para guru PAI adalah, tentang karakteristik pembelajaran diberbagai jenjang pendidikan. Penulis memberi penjelasaan panjang lebar tentang pola pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang bersifat DOKTRINER keagamaan Islam. Sedang pembelajaraan jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTS) bersifat TEKSTUALISASI AGAMA dan pembelajaran jenjang Madrasah Aliyah (MA) bersisfat RASIONALISASI DALIL. Oleh sebab itu, para Guru PAI harus mampu memahami dan sekaligus mengimplementasikan pola pembelajaran sesuai jenjang pembelajaran.

Ingin jelas, seperti apa isi buku tersebut? mohon sabar sebentar, insya Allah dalam waktu dekat buku tersebut akan segera terbit atau hadir dihadapan para pembaca. Mohon do’a semoga proses penerbitan berjalan lancar, amien YRA.

Wassalamu’alaikum  wr  wb

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter