|  | 

Komentar

Teori Mitos Gua Plato ( Myth of The Cave).

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0
KSM ( Kata Saekan Muchith) : Plato adalah seorang pemikir hebat (427 s/d 347 SM ) dan sekaligus murid  pemikir besar bernama Socrates. Kita tidak akan mengetahui apa dan siapa Socrates jika tidak ada Plato, karena Plato lah yang menulis atau membukukan pemikiran Socrates. 
Plato berusaha seoptimal mungkin untuk mengsosialisasikan ide gagasannya dan juga gagasan gurunya (Socrates) dengan mendirikan kiumpulan diskusi atau biasa disebut Akademi yang diberi nama “Academy Filsafat Plato”.
Dari aktifitas di academy inilah, berkembang berbagai wacana dan teori., salah satunya adalah teori atau Konsep Mitos Goa atau biasa disebut Myth of The Cave. Dalam Teori ini diulas secara panjang lebar tentang berbagai resiko dan konsekuensi jika seseorang itu tidak banyak memiliki pengetahuan dan berwawasan yang sempit. Orang yang berwawasan sempit tidak akan mampu memahami berbagai realitas yang ada di dalam realitas kehidupan manusia. Orang yang wawasan pengetahuannya sempit
Ibarat orang yang baru keluar dari dalam GOA, pandanganya silau, tidak jelas, kabur sehingga tidak bisa membedakan mana yang hitam, dan mana yang  putih, tidak bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Tidak bisa membedakan mana yang lurus dan yang bengkok.
 Oleh sebab itu, kita semua yang hidup di zaman globalisasi dimana zaman yang serba canggih, zaman dimana teknologi informasi sudah mempengaruhi sikap dan perilaku manusia. Dengan teknologi informasi setiap manusia bisa mendapat dan melakukan apa saja. Di zaman yang biasa disebut zaman NOW (zaman sekarang) tidak alasan untuk tidak memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Informasi pengetahuan sangat mudah kita peroleh, data dari manapun sangat mudah kita akses, dengan demikian, kita harus berkomitmen harus selalu mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan agar tidak termasuk bagian dari teori MITOS GOA tersebut.
Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter