|  | 

Data Pustaka

Mengenal Perawi Hadis: Imam Bukhari & Muslim

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Tokoh perawi hadis yang tidak asing bagi umat Islam adalah Imam Bukhari dan Imam  Muslim. Siapa sebenarnya Bukhari dan Muslim itu ?

(1) Imam Bukhari  di lahirkan pada tahun 194 H dan wafat pada tahun 256 H, dengan nama lengkap Abu ‘Abdillah Muhammad bin Isma’il Al Bukhari.  Imam Bukhari banyak menulsi ahdis dari para ulama penghafal hadis diantaranya  Al Makiy bin Ibrahim Al Balkhi, ‘Abdullah bin Utsman Al Mawarzi, ‘Abdullah bin Musa Al-‘Abbasi, Abu Nu’aim Al Fadhl bin Dakin, ‘Ali bin Madani. telah banyak orang yang belajar hadis kepada Imam Bukhari, sebagian ulama mengatakan telah ada sekitar 90.000 (sembilanpuluh ribu) orang telah belajar kitab Bukhari.

Imam Bukhari belajar sejak usia 10 tahun dan pada usia 11 tahun mulai belajar hadis dari para ulama perawi hadis.  Imam Bukhari pernah berkata ” Aku telah mengeluarkan dalam kitab shahih (Al Bukhari) kurang lebih 600.000 (enamratus ribu) hadis, dan aku tidak menulis satu hadispun kecuali sebelumnya aku mengerjakan shalat dua raka’at terlebih dahulu.

(2) Imam Muslim lahir pada tahun 204 H dan wafat 261 H dalam usia 57 tahun. Nama lengkap Imam Muslim adalah Abu HUsain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairy An Naisaburi.  Imam Muslim telah melakukan perjalanan ke beberapa ulama hadis diberbagai  wilayah. Diantara ulama yang dijadikan tempat berguru Imam Muslim antara lain; yahya bin Mu’in, Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Rahawaih, Ahmad bin Hanbal, Al Qa’nabi, harmalah bin Yahya dan Imam hadis lainnya.

Imam Muslim beberapa kali berkumjung ke kota Baghdad dan ikut andil membangun atau memperbaharui kota Baghdad. Imam Muslim dikenal sebagai orang yang paling tahu kualitas hadis shahih pada masanya. Imam Muslim pernah berkata ” Aku telah menulis kumpulan hadis sebanyak 300.000 (tigaratus ribu)  hadis yangs emuanya aku dengar langsung dari penghafal hadisnya.

Sumber : Abdul Qadir Ar Rahbawi (cet VII 2005: 29-30), Fikih Shalat Empat Madzhab, penerbit. Hikam Pustaka, Yogyakarta.

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter