|  | 

Data Pustaka

Hakekat Pendidikan Islam

img-responsive
Share this ...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

Pendidikan Islam adalah proses pendidikan yang bersumber  nilai nilai agama Islam yang memiliki tujuan menanamkan atau membentuk sikap hidup, mengembangkan kemampuan berilmu pengetahuan sejalan dengan nilai nilai Islam yang melandasi untuk mengembangkan kehidupan anak didik ke arah kedewasaan/ kematangan yang menguntungkan dirinya yang dilakukan dengan langkah langkah yang dapat dipertangung jawabkan secara ilmiah pedagogis.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil makna bahwa, pendidikan Islam adalah :

(1) Hakekat Pendidikan Islam adalah proses membimbing dan mengarahkan  pertumbuhan dan perkembangan anak dirik agar menjadi manusia dewasa sesuai tujuan pendidikan Islam;

(2) Asas Pendidikan Islam adalah asas perkembangan dan pertumbuhan dalam perikehidupan yang seimbang antara kehidupan dunia-ukhrawi, jasmanai-rohani atau kehidupan materil -spiritual.

(3) Modal dasar Pendidikan Islam adalah kemampuan dasar (fitrah) untuk berkembang dari masing masing pribadi manusia sebagai karunia Tuhan. kemampuan dasar (fitrah) adalah pemberian Tuhan yang tidak bisa dirubah oleh siapapun melainkan hanay bisa dikembangkan secara optimal melalui pendidikan.

(4) Sasaran strategis Pendidikan Islam adalah menanamkan dan mengembangkan nilai nilai agama dan nilai nilai ilmu pengetahuan secara mendalam dan meluas dalam pribadi anak didik sehingga terbentuk dalam dirinya keimanan dan ketaqwaan  yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

(5) Ruanglingkup Pendidikan Islam adalah lapanagan hidup keagamaan, lapangan hidup keluarga, lapangan hidup ekonomi, lapangan hidup kemasyarakatan, lapangan hidup politik, lapangan hidup sosial budaya dan lapangan hidup ilmu pengetahuan.

(6) Metode yang digunakan dalam pendidikan Islam adalah  metode yang didasarkan atas pendekatan pendekatan keagamaan (religius), kemanusiaan (humanity), dan ilmu pengetahuan (scientific).

Sumber : HM. Arifin (1994: 13-17), Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan pendekatan interdisipliner, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Komentar Facebook

ABOUT THE AUTHOR

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

Email *

Website

Pengunjung Website

Flag Counter